Jumat, 13 Januari 2012

Eksotisme Gunung Pertama di Riau


Gunung Jadi, gunung pertama yang ditemukan di Riau ternyata memiliki pesona dan keindahan alam yang luar biasa. Gunung dengan ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut itu mempunyai potensi wisata alam yang menarik.

Dalam konferensi pers yang digelar Tim XPDC 12-12 di Hotel Pangeran Pekanbaru, Jumat 13 Januari 2012, Koordinator XPDC 12-12, Hisam Setiawan menjelaskan Gunung Jadi mempunyai dua puncak.

Selama menuju puncak gunung, tim juga menemukan ada pepohonan Pinus di sekeliling Gunung Jadi. "Di lembah gunung banyak air terjun. Sedikitnya selama menuju perjalanan ke puncak gunung, kami menemukan 7 air terjun dengan ketinggian 3 meter hingga 30 meter," paparnya.



Air terjun di Gunung Jadi

Selain itu, ada juga kubangan yang diperkirakan adalah kubangan badak. "Namun mengenai ini perlu penelitian lagi dari instansi yang berkompeten di bidang ini," ulasnya.

Hisam menambahkan lagi, berbagai jenis burung juga banyak dijumpai. Ia memastikan pagi pencinta burung di dunia, suasana di kawasan gunung Jadi sangat mencengangkan.

Burung di Gunung Jadi

Gunung Jadi ini terletak di Kabupaten Kampar yang disebut dengan "Serambi Mekkahnya" Riau. Tepatnya di Kecamatan Kampar Kiri, dalam kawasan Suaka Marga Satwa Bukit Rimbang Baling.

"Gunung tersebut tidak aktif lagi. Dan kondisinya memang belum terjamah. Karena masih perawan, akses ke puncak gunung sangat sulit. Dibutuhkan waktu sekitar 5 hari mencapai puncak gunung," sebut Hisam.

Tim perjalanan XPDC 12-12 terdiri dari River Defender, Brimapala Sungkai, Telapak BT Riau, Yayasan Mitra Insani dan Gurindam12. "Kami berharap pemerintah dan instansi terkait memberikan perhatian kepada keberadaan gunung ini. Karena selain tidak diketahui keberadaannya, gunung Jadi ternyata memiliki keindahan alam yang bisa dikembangkan untuk kawasan wisata," ujar Hisam.

| Free Bussines? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar